16 November 2008

Benarkah Kesehatan Perempuan Terpinggirkan?

Hari ini saya berkesempatan untuk berdiskusi dengan Prof Dr Meutia Hatta dalam acara kuliah S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat di FK UGM sehubungan dengan isu-isu kesehatan perempuan dalam tema besar, "Benarkah Kesehatan Perempuan Terpinggirkan."

Peta pikiran di bawah ini adalah pemetaan saya dari presentasi beliau. Sebenarnya apa yang beliau sampaikan sederhana saja. Apalagi bagi kita yang mungkin telah banyak mengikuti permasalahan gender dan kesehatan reproduksi. Namun demikian, contoh-contoh nyata dari beberapa kajian antropologis yang diketahuinya cukup untuk menggugah dan mengingatkan kita bahwa permasalahan-permasalahan itu benar-benar ada di masyarakat. Di tambah lagi, cerita-cerita pengalaman beliau sebagai Kepala Departemen memberikan informasi bahwa terkadang masih belum terjadi kesepahaman akan pentingnya sinergi program dan kerjasama lintas sektoral. Sekalipun demikian, bukan berarti tidak ada kritik untuk kinerja bu mentri ini.

Permasalahan Kesehatan Perempuan secara lebih khusus berupa fakta-fakta data kesehatan disampaikan oleh dr Siswanto Agus Wilopo, ScD. Petanya dapat dilihat di halaman lain blog ini (judul: Benarkah Kesehatan Perempuan Terpinggirkan 2).

Oke, here is the Mind Map. Double click to save and see the larger image. Semoga bisa mendapatkan jawaban tentang dimanakah sebenarnya posisi kesehatan perempuan. Apakah di depan, di tengah, atau di pinggir :P ;-)





2 komentar:

Elvi Zuliani Sehati 7 Maret 2011 20.59  

Assalamualaikum, Bak blognya Bak bagus dan sudah profesional, saya boleh minta bantuan agar bisa seperti Embak, Gimananya caranya menampilkan postingan dengan menggunakan album picassa seperti gambar Mind Map agar bisa membesar seperti postingan Bak, tanks

Maftuhah Nurbeti 9 Maret 2011 06.49  

Gak ada yang istimewa kok mbak elvi. Tinggal klik icon "insert image" di kiri atas kotak waktu ketik naskah posting. Salam kenal dan semoga sukses

AddThis

Share |

  © Free Blogger Templates 'Greenery' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP