27 November 2008

Implementation Issues - Masalah Implementasi Yang Sering Ditemui di Lapangan Penelitian

Pada saat melaksanakan kegiatan penelitian, tidak jarang kita berjumpa dengan permasalahan-permasalahan yang kalau tidak kita antisipasi dengan baik sebelumnya akan dapat mengganggu, memperlambat, atau mempersulit pelaksanaan penelitian di lapangan. Beberapa masalah tersebut antara lain berada pada ranah-ranah sebagimana yang tergambarkan dalam peta berikut ini.









Di atas kertas (atau di depan layar:-) tampaknya memang mudah, tapi kenyataannya di lapangan akan bisa tak semudah yang kita bayangkan. Sebagai contoh yang pernah saya alami, kurang sempurnanya pelatihan bagi tenaga pengumpul data atau pengentri data menjadikan proses pengolahan data meminta tambahan waktu ekstra. Dalam kasus lain, seorang stakeholder yang cukup berperan penting dapat tiba-tiba meragukan desain atau protokol penelitian yang sudah kita susun dengan demikian rapi, bahkan menggunakan konsultasi ahli. Atau bisa juga ada pihak yang tidak dilibatkan dalam penelitian, namun mengancam akan menolak hasil penelitian bila ia tidak dilibatkan.

Bukan berarti kita menjadi berfikir negatif atau membuat kita menjadi terlalu khawatir dengan apa yang akan terjadi di lapangan. Namun, dengan mengetahui semua aspek lapangan di atas, kita dapat membuat persiapan dan antisipasi sebaik mungkin. Dengan demikian, masalah-masalah yang akan terjadi dapat terminimalisir dan penelitian kita bisa berjalan dengan lebih lancar dan sukses. Amiiiin***

0 komentar:

AddThis

Share |

  © Free Blogger Templates 'Greenery' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP