15 Januari 2009

Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Stretch Mark?

Stacey Williams

(www.bestsyndication.com)

Adalah mungkin untuk menghilangkan stretch mark yang Anda sangat sadari keberadaannya. Ia terbentuk ketika kulit harus menegang sementara ia tidak mampu tumbuh dengan kecepatan yang setara. Hal ini dapat disebabkan karena adanya kehamilan atau bertambahnya berat badan. Bahkan atlet angkat besi dapat mengalami stretch mark jika ototnya membesar terlalu cepat. Ia memiliki warna yang bervariasi tergantung dari tahapannya. Bisa jadi warnanya merah atau merah muda (pink) saat kulit masih rusak. Ketika mulai terlihat berwarna perak, abu-abu, atau putih maka ia telah berada dalam masa penyembuhan.

Terdapat beberapa jenis perawatan efektif, yang mungkin Anda tertarik untuk mencobanya guna menghapus stretch marks. Jenis perawatan tersebut antara lain perawatan laser, menghapus stretch mark dengan operasi, chemical peeling atau dermabrasi, dan mesotherapy. Masing-masing mempunyai keuntungan sendiri-sendiri sehingga kita harus membelanjakan waktu untuk mengetahui yang akan menjadi pilihan terbaik bagi Anda. Mari kita lihat masing-masing dari secara sedikit lebih dekat.
  • Laser (Ket: Mahal!)
Perawatan laser menawarkan teknologi tinggi dan memberikan hasil yang bagus. Ada energi yang dikirimkan di bawah kulit. Ia merangsang kulit tempat ia diterapkan sehingga kulit menjadi lebih kuat. Hal ini juga akan membantu untuk tumbuh lebih cepat pada area tersebut. Kulit di bawah stretch mark akan bergerak ke atas dan mengisinya sehingga kulit halus dan datar. Anda mungkin perlu mengikuti beberapa sesi perawatan laser sebelum anda mendapatkan hasil yang terbaik. Anda harus masuk untuk menindaklanjuti sesi secara berkala juga.
  • Operasi
Operasi adalah salah satu pilihan, namun memiliki risiko tersendiri. Hal ini juga sangat mahal dan tidak ada perusahaan asuransi yang akan mencakup perawatan kosmetik. Istilah teknis untuk jenis operasi ini adalah Abdominoplasty. Proses yang terjadi adalah pengencangan kulit dan pembuangan kulit yang rusak. Tindakan ini bisa jadi nyeri (karena operasi) namun ini juga merupakan salah satu perawatan stretch mark paling efektif yang tersedia.
Beberapa individu memiliki harapan yang tidak realistis untuk operasi. Dengan demikian, Anda perlu berkonsultasi dengan ahli bedah untuk mengetahui apa yang Anda. Semuanya akan tergantung pada tingkat keparahan stretch mark dan dimana lokasinya. Kesehatan Anda secara umum akan menjadi pertimbangan juga. Hal tersebut adalah untuk memastikan bahwa tubuh Anda cukup aman untuk dilakukan proses operasi.
  • Chemical peeling atau dermabrasi
Pilihan yang lebih terjangkau adalah chemical peeling dan dermabrasi. Chemical peeling menggunakan Alpha Hydroxl untuk mengambil bagian atas lapisan kulit. Hal ini dapat dilakukan selama beberapa sesi untuk menghapus stretch mark. Jumlah sesi tergantung pada tingkat keparahan stretch mark Anda. Dermabrasi menawarkan jenis yang sama, tetapi dengan menggunakan Aluminium Oxide pada sebuah cakram berputar yang akan menghapus lapisan kulit.
  • Mesotherapy
Mesotherapy juga semakin populer. Proses ini menggunakan jarum yang disuntikkan ke dalam tubuh di berbagai tempat. Ia telah diisi dengan zat yang bisa memberikan keuntungan bagi tubuh kita. Misalnya, asam amino, berbagai jenis obat-obatan alami, vitamin, dan mineral. Zat-zat tersebut bekerja untuk menghapus toksin/racun yang terbentuk di tubuh Anda. Mereka menjadikan kulit lebih kuat dan agar elastin dan kolagen dapat diproduksi secara alami.

Jadi, sekarang Anda telah mengetahui beberapa pilihan tanda yang dapat Anda pertimbangkan untuk pengobatan stretch mark. Di antara semua perawatan tersebut, Anda dapat mempertimbangkan dampak dan efek sampingnya serta memilih salah satu yang cocok untuk Anda.***

NB:
Dulu saya mengatasi stretch mark di perut dan pantat saya dengan Anti Stretch Mark Cream (rekomendasi dokter kulit atau membeli sendiri tapi disetujui dokter kulit (syaratnya harus rajin, butuh waktu dan kesabaran). Saya juga menempuh perawatan dengan mikrodermabrasi, CAR (alat untuk memberikan nutrisi khusus pada kulit), dan penyuntikan PRP (Platelet rich Plasma--darah yang diambil dari lengan kita sendiri disuntikkan ke stretchmark) di Klinik Kosmetika RSUP dr Sarjito Yogyakarta. Meski saya hentikan, karena saya anemia jadi lemas setelah diambil darahnya. Sekarang, saya hanya memakai Bahan-bahan alami (rumah tangga) yang saya langsung pelajari sendiri dari ebook.


Dan perubahan itu saya rasakan, meskipun tidak bisa hilang 100% karena yang robek susah untuk disambung kembali. Link untuk mempelajari tentang stretchmark di situs kedokteran rujukan para dokter, yang terus diupdate klik di www.emedicine.com kemudian masukkan kata kunci: STRIAE DISTENSAE di kotak pencarian.  

Untuk mengetahui lebih jauh tentang krim dan terapi stretchmark, hubungi saya (Beti) di 085 743 811813
NB lagi: 
Ternyata banyak yang senasib sepenanggungan dengan saya (Maklum suami saya suka komplain dan nyuruh terapi terus hehehe). Berhubung buanyak yang menanyakan tentang merek, harga, dan dimana tempat membeli krim dan terapi lainnya, maka agar tidak berulangkali membalas sms, berikut saya beri penjelasan berdasarkan pengalaman saya (meskipun saya bukan dokter kulit:-)):


1. Kalau mau hemat, pakai bahan alami. Karena bahannya gampang didapat, jadi gak perlu beli krim yang mahal-mahal.

2. Krim Anti stretchmark/Anti striae
Sebenarnya mereknya ada macam-macam. Yang dari oriflame mengandung soya protein (vegetable collagen) tapi harganya mahal 198ribu. Bisa diperoleh di kantor cabang atau distributor terdekat. Dulu saya pernah pakai. Ada juga merek lain antistriae yang ada di apotek RS. Kalau mau mencari, tanya saja ke apotek terutama klinik estetika atau apotek yang ada tempat praktek dokter kulitnya. Bilang saja minta anti striae, nanti akan diberi merk anti striae yang ada di apotek tersebut seperti Stretchnil (160ribu), Momilen, Johnson n Johnson, Vaseline, dll). Saya pernah pakai satu wadah pot kecil yang isinya termasuk kolagen seharga 80 ribu (dokter ngracik sendiri). Kalau antistriae yang tidak racikan (merek) yang saya pakai sekarang, beli satu wadah pot kecil untuk 2 minggu, sekitar 30ribuan. Yang besar mungkin lebih mahal dari itu.

2. Mikrodermabrasi dan CAR
Satu kali datang 279 ribu. Untuk hasil yang lebih baik, mungkin disarankan 6 kali datang dan akan difollow up.

3. PRP
Satu kali datang, beberapa suntikan untuk seluruh stretchmark di bagian depan perut saya biayanya 360ribu.  

Harga tersebut adalah harga di RSUP Dr sarjito yogyakarta. Harga-harga bervariasi tergantung klinik tempat terapinya. Saya membandingkan harga mesoterapi antar rumah sakit saja bisa berbeda harganya.
Oke, selamat mencoba dan semoga berhasil:-).


9 komentar:

Anonim 4 Februari 2010 16.29  

asw...saya tertarik dengan krim anti stretch markny bu..harga krim nya berapa ya?produkny bisa dibeli di apotek ga?makasih..

Kesehatan Masyarakat 5 Februari 2010 01.07  
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim 22 Juni 2011 21.19  

selamat malam,
saya mau tanya kalau saya mau melakukan microdermabrasi dan CAR itu di mana ya? dan apakah dengan saya melakukan microdermabrasi dan CAR, bisa membantu saya menghilangkan strecthmark?

saya belum menikah ataupun melahirkan, menurut penulis apa yang harus saya lakukan untuk mencegah timbulnya stretchmark pada saat hamil? thx.

Rihana 23 Juni 2011 19.02  

ap memakai cream strect mark/anti striae itu bnar2 bsa hilang stertcmark nya....

Rihana 23 Juni 2011 19.04  

apa memakai cream anti sterchmark /anti striae itu bnar2 bs hilg stretcmark nya,,,,,

luckynya_sarun 14 Juli 2011 11.59  

pas sy hamil 6 bulan d perut ga da strech mark sama sekali,pokonya mulus gth, trs pas cek k dokter kandungan sy d kasih lotion gt buat perut,, eh stelaqh 1 mingguan lebih dipakai maksudnya mencagah strech mark malah perutku jd gatel2 n mengkilat2 gth, yg lebihn parah ko malah jd tmbul strech mark lumayan bnyak,,

prassetya 29 September 2011 13.27  

Kalo saya sih pake minyak anggur, namanya Grape seed oil, ampuh bgt buat ngilangin stretch mark.

agak susah sih nyari nya, tp kl di jakarta ada di mom n jo (tempat spa ibu hamil dan bayi)

Anonim 29 September 2011 13.31  

Setau saya sih stretch mark itu gak bisa dihilangkan 100% tp bisa disamarkan dan di minimalisir sejak dini (pas hamil)

kalo saya sejak hamil saya pake grape seed oil ampuh bgt buat bikin kulit elastis, jd pas kulit mengencang krn hamil dia bs menyesuaikan dan pas lahiran juga kembali normal.

agak susah sih nyari grape seed oil ini, yg saya tau cuma ada di mom n jo (spa ibu hamil dan bayi) di daerah dharmawangsa jakarta selatan

Anonim 9 Desember 2012 23.43  

Stretch mark timbul di daerah yang terlihat oleh orang lain dan itu membuat qta tidak percaya diri, ada obat yang ampuh untuk menghilangkan stretch mark yaitu langsung aja ke official websitenya di http://glyderm.co.id dan buktikan sendiri hasil nya..

AddThis

Share |

  © Free Blogger Templates 'Greenery' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP