23 Agustus 2009

Mencegah Jerawat: Bagaimana Caranya?

Rubrik Syakwa (Konsultasi Kesehatan) Majalah Shaffatul Aisyiyah

Pimpinan Cabang Istimewa Aisyiyah (PCIA) Cairo Mesir


Pembaca says:

Dok, kenapa sih bisa timbul jerawat? Gimana cara mencegahnya?

dr. Maftuhah Nurbeti says:

Kebanyakan kita selalu berfikir tentang ‘benjolan/bintil di muka’ ketika ada yang menyebut kata jerawat. Padahal bintil-bintil atau bentol-bentol di muka ada macam-macam lho. Jerawat sih hanya masalah kosmetik saja, dalam arti tidak ada kelainan fisik yang berarti. Hanya, kadang masalah jerawat bisa mempengaruhi perasaan kita terhadap diri kita sendiri, yang bisa menyebabkan penurunan percaya diri atau bahkan depresi. Apalagi para remaja. Tapi sepertinya pembaca SA bukan remaja lagi, kan? hehehe


Nah
, semua jerawat ini berawal dari suatu lesi/jejas di kulit yang banyak dikenal sebagai komedo. Komedo sendiri sebenarnya merupakan saluran dari kelenjar minyak yang tertutup oleh minyak, sel-sel kulit yang sudah mati, maupun bakteri. Komedo yang tidak tampak oleh mata ini, dengan tenangnya menunggu di bawah permukaan kulit kita sampai ada kondisi tertentu yang mendukungnya untuk tumbuh menjadi jejas yang meradang. Oleh karena itu, kemudian kita mengenal ada komedo berkepala putih (tertutup kulit) atau yang berkepala hitam (kotor dan tidak tertutup kulit)


Faktor pendukung
komedo bisa macam-macam, misalnya asam lemak bebas yang oleh bakteri dibuat dari minyak kita, penurunan bagian minyak tertentu yang membuat fungsi pembatas kulit menjadi berkurang dan lebih berongga, peningkatan hormon seks, rusaknya kantong rambut kulit karena trauma misalnya ditekan-tekan secara berlebihan, cuci muka yang abrasif, peeling kimia, atau sekedar adanya minyak yang sulit kering yang ‘menyodok’ dinding kantong.

Komedo bisa juga diperparah oleh kondisi kulit yang overhidrasi (baca: basah. kadang ada yang sampai kilong-kilong. Awas dikira jualan minyak lho hehehe) misalnya menjelang mens, pemakaian pelembab, atau kondisi tropis. Bisa juga oleh karena adanya kontak dengan zat-zat tertentu yang terkandung dalam kosmetik.


Pengaruh make up
atau kosmetik tidak terlalu penting, karena sebagian besar kosmetika di pasaran biasanya bersifat non-komedogenik alias tidak akan menyumbat pori-pori kulit kita. Jadi, ketika membeli kosmetik, pastikan produk tersebut non-komedogenik, bebas minyak atau berbasis air, dan tidak membuat alergi. Namun demikian, Kosmetik yang paling baik sekalipun, kalau digunakan dalam aktivitas yang berat atau sibuk, misalnya saat olah raga, bisa saja jalan-jalan di kulit dan masuk ke dalam kulit. Jadi lebih baik tidak memakai kosmetik saat olah raga.


Paparan sinar matahari tidak akan membantu jerawat kita. Awalnya sejumlah kecil paparan sinar matahari dapat memperbaiki rupa dari jerawat. Noda jadi tidak kelihatan karena kuit menjadi lebih gelap. Sebaliknya, paparan sinar matahari yang lama akan mengakibatkan pori tersumbat karena pengelupasan sel kulit mati akan lebih cepat. Terlalu lama terpapar sinar matahari juga bisa mempergelap hiperpigmentasi (penggelapan warna kulit) setelah radang. Semakin lama terpapar sinar matahari, maka kemungkinan kulit menjadi rusak dan jerawat yang membekas akan semakin meningkat.


Jadi resep untuk mencegah komedo adalah:

1) mencuci muka secara benar (1-2 kali sehari),

2) menjaga diri dari produk kosmetik berminyak

3) berhati-hati dalam facial (kalau petugasnya terlalu antusias malah merusak),

4) menggunakan make up berbasis air,

5) jangan menopangkan dagu di tangan atau jangan menyentuh muka tanpa tujuan yang benar, (apalagi nguthek-uthek jerawat),

6) lindungi muka dari matahari (misalnya pake topi, payung, atau sunscreen),

7) jangan terlalu mengkhawatirkan diet (makan aja tuh coklat, kacang, dll yang tidak terbukti mempengaruhi jerawat. Kecuali kalau kita sendiri mencermati ada hubungan antara yang kita makan dengan semakin banyaknya jerawat),

8) menjaga diri dari yodium (meski masih kontroversial, tapi beberapa dokter mengatakan bahwa iodium, misalnya yang ada pada garam mendukung adanya jerawat)


Oke, semoga bermanfaat yaaa


0 komentar:

AddThis

Share |

  © Free Blogger Templates 'Greenery' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP