05 Februari 2010

Ekonomi Kesehatan: 1st Meeting of Indonesia Health Economic Association


Senengnya Ahli dan Peminat Ekonomi kesehatan mau ngumpul tgl 24 besok, setelah tahun kemarin ngadain yang internasional.  Ayo-ayo pada ikutan.. Biar reformasi pembiayaan kesehatan di Indonesia jadi makin mulus dan makin cepet..  TOR dan informasi lebih lengkap bisa didownload disitus FK UGM. Ini saya ambil dari TOR-nya:

Ekonomi kesehatan memegang peranan yang sangat strategis dalam era pelayananan kesehatan yang harus terkendali mutu dan biayanya (managed care). Dalam bidang pembiayaan kesehatan disiplin ekonomi sebagai sebuah ilmu terapan dapat digunakan sebagai dasar alokasi sumberdaya kesehatan yang semakin terbatas. Dengan keterbatasan sumberdaya kesehatan ini maka tidak semua anggaran dapat dialokasikan ke semua sektor sebagaimana yang diharapkan.

Reformasi pembiayaan kesehatan di Indonesia mengarah pada sistem jaminan kesehatan berbasis asuransi kesehatan sosial. Pemerintah telah menjalankan sistem jaminan kesehatan berbasis asuransi sosial terutama untuk masyarakat miskin yang dikenal dengan program Jamkesmas. Di tahun 2014 Pemerintah menargetkan untuk mewujudkan universal coverage dalam sistem jaminan kesehatan yang tentu menuntut integrasi dan partisipasi pusat dan daerah dalam pembiayaannya. Sistem jaminan kesehatan sosial harus dapat memenuhi ekuitas dan keadilan sosial dalam kaitannya dengan orang miskin dan non miskin. Bagaimanakah bentuk lembaga Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang ideal untuk Indonesia dan bagaimana perkembangan terakhir dan road map yang telah disusun para pemangku kepentingan dan para pihak yang berkompeten akan dibahas dalam seminar ini sekaligus operasionalisasi dan peran Dokter Keluarga dalam mendukung sistem jaminan tersebut?

Indonesia Health Economics Association (Ina-HEA) dibentuk dalam rangka meningkatkan komunikasi, sharing pengalaman dan forum ilmiah diantara para peminat  ekonomi kesehatan dan peminat kesehatan masyarakat sekaligus untuk meningkatkan kualitas aplikasi ekonomi dalam bidang kesehatan dan sistem pelayanan kesehatan. Selain itu bagi pemula dalam bidang ekonomi kesehatan dapat dijadikan media untuk pengembangan karir di bidang ekonomi kesehatan, pembiayaan, jaminan, asuransi kesehatan dan kebijakan berbasis bukti dalam konteks sumberdaya yang terbatas di Indonesia.

Seminar ini merupakan pertemuan pertama Ina-HEA yang bekerja sama dengan PDK3MI dan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada yang akan menghadirkan nara sumber dari ahli ekonomi dan pembiayaan kesehatan di dunia yang dapat dimanfaatkan sebagai sharing and transfer of knowledge serta diskusi tentang ekonomi dan jaminan kesehatan.



0 komentar:

AddThis

Share |

  © Free Blogger Templates 'Greenery' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP